Apa Itu Degenerasi Makula Terkait Usia Dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Degenerasi makula terkait usia, atau ARMD adalah salah satu penyebab paling umum dari penurunan penglihatan di Inggris. Seperti namanya, itu adalah kondisi yang umumnya terkait dengan orang tua dan menjadi lebih mungkin semakin tua kita.

ARMD dapat menyebabkan pengurangan sebagian atau kehilangan total dari apa yang dikenal sebagai ‘penglihatan sentral’, meskipun tidak menyebabkan kebutaan total karena hanya mempengaruhi ‘makula’ atau bagian tengah retina – meninggalkan penderita dengan penglihatan tepi.

Bagian tengah retina bertanggung jawab untuk melihat detail halus dan digunakan untuk membaca, membedakan warna, dan mengidentifikasi fitur wajah tertentu.

Apa yang menyebabkan ARMD?

Pada dasarnya, degenerasi makula terkait usia disebabkan oleh keausan umum daerah mengalami masalah mata makula. Bagian mata ini sangat aktif, dan diperkirakan produk limbah menumpuk secara bertahap karena mekanisme kompleks yang menghilangkannya menjadi lelah dan kurang efektif. Penumpukan ini menyebabkan kerusakan pada makula dari waktu ke waktu dan menyebabkan ARMD.

Sesuatu yang telah disarankan sebagai faktor utama ARMD adalah paparan luas terhadap radiasi UV – yang dapat memberi tekanan ekstra pada mata dan mempercepat proses degeneratif.

Meskipun paling sering dikaitkan dengan mereka yang berusia di atas 60 tahun, orang yang lebih muda dapat rentan terhadap degenerasi makula terkait usia – terutama mereka yang rabun jauh. Telah ditemukan bahwa wanita lebih rentan daripada pria, meskipun para ahli telah menunjukkan bahwa wanita umumnya hidup lebih lama daripada pria.

Berbagai jenis degenerasi makula terkait usia

Ada dua jenis ARMD yang berbeda – kering dan basah. ARMD kering adalah bentuk yang paling umum dan mempengaruhi sekitar 80% dari penderita degenerasi makula terkait klinik mata bekasi usia. Kedua mata umumnya terpengaruh oleh jenis ini dan kondisi ini meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu.

ARMD basah jauh lebih jarang tetapi jauh lebih parah dan memiliki efek degeneratif yang cepat pada penglihatan sentral. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah di bagian belakang mata yang tumbuh secara tidak normal ke daerah makula. Jika pembuluh darah membocorkan darah ke daerah itu dapat menyebabkan degenerasi penglihatan sentral yang signifikan. ARMD basah cenderung hanya mempengaruhi satu mata pada satu waktu.

Gejala degenerasi makula terkait usia

Tanda yang jelas bahwa Anda mungkin mulai menderita ARMD kering adalah jika Anda melihat penurunan bertahap dalam penglihatan sentral Anda – terutama yang memengaruhi kemampuan Anda dan untuk melihat secara detail.

Timbulnya ARMD basah biasanya disertai dengan distorsi penglihatan, yang sering disebut sebagai metamorfosis. Hal ini dapat menyebabkan garis lurus tampak melengkung atau miring karena penglihatan penderita memburuk. Akhirnya penglihatan sentral dapat menjadi benar-benar hilang – yang meninggalkan area gelap di dalam area penglihatan sentral dengan penglihatan yang sangat buruk, yang dikenal sebagai ‘skotoma sentral’

Perawatan ARMD

Untuk ARMD kering, kualitas penglihatan perlahan-lahan memburuk dan biasanya tidak terlalu parah, meskipun demikian tidak ada pengobatan untuk jenis degenerasi makula terkait usia ini. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan penderita untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk melihat lebih jelas. Lampu halogen, misalnya, dapat digunakan saat membaca untuk mempermudah memilih kata. Ada juga banyak alat bantu visual yang tersedia termasuk buku cetak besar dan kaca pembesar.

Karena ARMD basah jauh lebih parah, pasien harus menjalani evaluasi sebelum menentukan apakah mereka cocok untuk perawatan. Ini biasanya terdiri dari pembacaan bagan dinding serta ‘pencitraan retina’ – yang melibatkan angiogram fluoresein dan angiogram hijau indocyanine yang digunakan untuk melacak pola pembuluh darah yang mempengaruhi retina untuk mengidentifikasi apakah pengobatan apa pun dapat membantu.

Jika ditemukan pengobatan yang efektif, ada dua pengobatan utama yang dapat dilaksanakan:

Terapi foto-dinamis – ini melibatkan penyuntikan pewarna peka cahaya yang disebut verteporfin ke lengan, yang kemudian berjalan ke mata dan ‘diaktifkan’ oleh laser. Tidak semua jenis ARMD basah dapat diobati dengan terapi foto-dinamis.

Ranibizumab – ini adalah obat yang menempel pada bahan kimia tertentu di mata dan menghentikannya menyebabkan pertumbuhan abnormal pembuluh darah. Ranibizumab diberikan melalui injeksi langsung ke mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *